Sabtu, 25 Juni 2011

Solusi kerusakan Tv

KERUSAKAN TV DAN SOLUSI

TV MATI TOTAL (MATOT)
Kerusakan tv mati total (matot) bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut :
• Sekering putus, tapi penyebab dari sekering putus ini yang perlu kita pikirkan, sekering pada tv jarang putus kecuali ada komponen lain yang rusak, biasanya komponen penyebab sekering putus akibat dari transistor power yang konslet.
• Dioda penyearah yang menyuplai tegangan 115 volt ke flyback (FBT) konslet
• Transistor horizontal konslet
• Flyback rusak biasanya konslet
• Terjadi retakan solder pada kaki-kaki komponen terutama pada IC khroma


TV POLYTRON MINIMAX SULIT DIHIDUPKAN (INDIKATOR MENYALAH)
Ganti elko keluaran regulator yang menyuplai tegangan 50 volt, nilai elko tersebut 10 uF 63 volt yang biasanya kering dapat diganti dengan yang senilai atau lebih besar misal 100 uF 100 volt

GAMBAR TV AKARI BERGARIS-GARIS DAN SUARA NORMAL

Ganti elko 10 uF 250 volt, atau 22 uF 250 volt yang menyuplai tegangan 180 volt ke PCB dibelakang tabung, gambar menjadi bergaris-garis disebabkan turunnya tegangan 180 volt dc ke PCB tabung, karena elko ini biasanya kering.

TV DISAMBAR PETIR
Mendengar kata disambar petir terbayang oleh kita semua adalah sebuah kehancuran. Gedung disambar petir hancur, pohon disambar petir hancur, manusia disambar petir tewas. Bagaimana tv disambar petir?kalau sambaran petir langsung mengarah ke tv dirumah kita pastilah akan hancur juga dan tidak bisa diperbaiki lagi. Tetapi tv sering rusak akibat sambaran petir secara tidak langsung, petir adalah energi listrik sesaat yang mempunyai tegangan yang sangat besar, sehingga akan mudah merambat melalui jaringan listrik berupa lonjakan tegangan sesaat. Tegangan sesaat ini yang bisa merusak tv baik dalam posisi hidup maupun tv dalam posisi mati dan kabel power masih terhubung ke jaringan listrik. Di sini saya menemukan tv rusak akibat petir mempunyai gejala sebagai berikut :
• Tv mati total, dikarenakan lonjakan tegangan sesaat petir merusak power regulator tv,
• Tv hidup sesaat kemudian mati standby, atau terprotek,
• Tv hidup tetapi hanya muncul raster, ketika antenna dihubungkan layar menjadi gelap,
• Tv hidup suara ada tetapi gambar gelap,
• Tv hidup tetapi cuma satu siaran dan berubah warna

Pengalaman yang saya temukan gejala di atas disebabkan oleh bagian power rusak, ic khroma rusak, dan ic memori yang rusak. jadi petir sering mengakibatkan kerusakan bagian tersebut. Di sini saya menemukan tv mengalami kerusakan seperti di atas terjadi pada tv mrek sharp, polytron, dan TCL.


TV SHARP SULIT DIHIDUPKAN


Dua hari kemarin saya mendapat tv sharp 14 inch model 14V20MS sulit dihidupkan terutama pada pagi hari. Saya kira cuma retak solderan lalu saya soldel kaki-kaki komponen yang terlihat sedikit retak, dan akhirnya tv bisa dihidupkan. Keesokkan paginya begitu kagetnya ketika dihidupkan tv kembali sulit dihidupkan, indikator LED menyalah sebentar lalu mati, dan tegangan output regulator semuanya nol. Kemungkinan bagian input regulator yang rusak nich, dan setelah memeriksa semua komponen resistansi dan mengganti semua elko di regulator dan discoba untuk dinyalahkan, keaadaan masih seperti semula. Dan jalan terakhir satu-satunya adalah mengganti STR W6753, dan tv dihidupkan dan berhasil. Ternyata STR ini penyebab tv sharp sulit dinyalahkan. Begitu juga kalau tv sharp menyalah beberapa jam kemudian mati sendiri dan apabila dingin bisa dihidupkan kembali. Sebelum mengganti STR ini coba diganti dulu semua elko yang ada di regulator, termasuk elko 400 volt jika terlihat ada perubahan fisik.

1 komentar:

felloelektronick mengatakan...

blog nya bagus tapi warna teks nya bikin mata sya silau